TAHUN 2023 HUT PKBB KE 78

by / Wednesday, 28 June 2023 / Published in berita

TAHUN 2023 HUT PKBB KE 78

Bersama Paguyuban Keluarga Besar Brimob Tetap Setia Membangun Solidaritas Untuk Indonesia.

Selamat Pagi Indonesia
Salam PKBB Tetap Setia

Sejak PKBB menjadi sebuah nama Organisasi masa resmi berdasarkan Keputusan Menkumham pada tahun 2017, sejak itu juga tiba saatnya untuk memperingati HUT belum pernah menyebut ke berapa Tahun. Sebagaimana layaknya sebagai suatu Organisasi masa akan menyebut angka ketika memperingati Hari Ulang Tahun tepat pada tanggal peringatannya. Berbeda dengan Paguyuban Keluarga Besar Brimob hingga peringatan HUT PKBB yang akan datang pada tanggal 21 Agustus 2023, belum menyebut ke berapa tahun.
Hal tersebut bukan tanpa alasan, PKBB merupakan nomenklatur resmi sejak 2017 yang sebelumnya hanya berupa perkumpulan dalam bentuk kegiatan sosial para Purnawirawan dan Warakawuri Brimob. Oleh karena itu hingga saat ini belum menemukan alasan yang tepat kapan Hari Ulang Tahun PKBB diperingati, pemilihan tanggal 21 Agustus ini punya alasan kuat karena memiliki latar belakang sejarah perjuangan para pendahulu Brimob dan pada saat pertama PKBB menjadi sebuah Organisasi, berdasarkan surat keputusan Ketum PKBB Komjen Polisi Imam Sudjarwo tanggal 21 Agustus 2017 melantik susun Pengurus Pusat PKBB bersamaan HUT Korbrimob Polri pada tanggal 14 November 2017 di Kesatrian Amji Atak Korbrimob Polri Kelapa Dua Depok.

Tersebut diatas menjadi topik pembicaraan saat pertemuan hari Kamis tanggal 22 Agustus 2023 antara penulis dengan dua Guru Besar Universitas Gadjah Mada.
Pertemuan pertama dengan Dr Abdul Wahid M.Phil di ruang kerjanya Kampus Fakultas Budaya lantai 3 ruangan 320 Universitas Gadjah Mada.
Pertemuan kedua dengan Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno M.Agr diruang rapat lantai 2 Fakultas Teknologi Pertanian lantai 2 Universitas Gadjah Mada.

Tanggapan Tentang Topik HUT PKBB perlu disebut angka ke berapa tahun.

Pemikiran akademis dari Dr Abdul Wahid M.Phil ahli sejarah Fakultas Budaya Universitas Gadjah Mada berpendapat bahwa :

Pertama.
Sejarah adalah sebuah wacana, bagaimana wacana tersebut manjadi fakta sejarah, perlu penelusuran data agar menjadi fakta sejarah keras dan akurat. Sebagai contoh Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 memiliki fakta sejarah yang Keras, artinya tidak terbantahkan lagi oleh fakta yang disajikan.

Kedua.
Pada peringatan Hari Ulang Tahun PKBB tahun 2023 perlu disebut angka ke berapa tahun, untuk memberi kepastian dan eksistensi Paguyuban Keluarga Besar Brimob, sajikan datanya agar menjadi fakta sejarah akurat.

Pemikiran akademis dari
Prof Dr Ir Djagal Wiseso Marseno M.Agr Wakil Rektor UGM 2017 dan Guru Besar Universitas Gadjah Mada, berpendapat bahwa :

Pertama
Ada landasan Biologis yang dapat membuktikan bahwa ada perjalanan sejarah perjuangan Brimob jauh sebelum diputuskan sebagai dasar pertimbangan menjadi landasan Yuridis berdasarkan data menjadi fakta sejarah.

Kedua
Analogi dengan Kemerdekaan Republik Indonesia ada landasan Biologis bahwa Indonesia sudah ada sebelum Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 yang diproklamirkan oleh Soekarno Hata atas nama Bangsa Indonesia memiliki landasan Yuridis sebagai Negara Berdaulat.

Fakta sejarah tanggal 21 Agustus 1945

Pertama
Fakta Bilogis, Proklamasi Polisi Istimewa menjadi Polisi Republik Indonesia dikumandangkan pada tanggal 21 Agustus 1945 oleh Inspektur Polisi Tingkat Satu M Jasin, pada tanggal 5 November 2015 M Jasin mendapat Anugerah Pahlawan Nasional. Tanggal 21 Agustus ini yang dijadikan Hari Ulang Tahun PKBB, ada 13 alasan yang didokumentasi pada website arifwachjunadi.com berjudul Berjuang Untuk HARI JUANG POLRI.

Kedua
Fakta Biologis Brimob sudah ada sebelum 14 November 1946 karena Brimob dengan nama lain seperti Polisi Istimewa pada tahun 1946 berganti menjadi Mobile Brigade atau Mobrig dan sejak 1961 merubah nama lagi menjadi Brimob hingga saat ini.

Ketiga
Fakta Yuridis dengan surat Keputusan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Letnan Jenderal Polisi Soemarto tentang perubahan nama dari Polisi Istimewa menjadi Mobile Brigade di tanda tangani di Purwokerto pada tanggal 14 November 1946.

Keempat
Dasar Kebijakan untuk menghormati perjuangan Tokubetsu Keisatsutai nama sebelum berganti menjadi Polisi Istimewa pada tanggal 18 Agustus 1945. Untuk itu perjuangan Brimob dihitung sejak 14 November 1945 atau 1 tahum lebih awal sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pejuang Brimob.

Rekomendasi :
1. Memperhatikan Menimbang Memutuskan berdasarkan fakta tersebut penulis berpadapat perlu menyebut angka ke berapa tahun pada HUT PKBB Tahun 2023.
2. Sebutkan ; HUT PKBB Ke 78 Tahun, 21 Agustus 2023. Dengan mengankat Tema
Bersama Paguyuban Keluarga Besar Brimob
Tetap Setia Membangun Solidaritas Untuk Indonesia.

Kepada guru saya Prof Djagal dan Dr Abdul Wahid terima kasih atas pemikiran, koreksi, masukan dan saran, sehingga saya memutuskan untuk membuat Rekomendasi tersebut.

Kepada guru saya Prof Anhar Gonggong ahli sejarah, Taprof Lemhannas RI saya akan pegang teguh nasehatnya “Bicara sejarah harus dilandasi dengan Kejujuran”

Yogyakarta Jumat 23 Juni 2023

arif wachjunadi

Penggiat Penelusuran Nilai Perjuangan Polisi Istimewa
Penggiat Motor Besar Adventure Indonesia

TOP