KESATRIAN JTT

by / Saturday, 17 December 2022 / Published in berita

KESATRIAN JTT

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Salam Kebangsaan

Kesatrian JTT.
JTT kependekan dari Jacobus Taboki Takuda tokoh Pejuang Prajurit Pelopor Korps Brimob Polri yang namanya diabadikan di Markas Komando Satuan Brimob Polda Kepulauan Riau. Kesatrian Jacobus Taboki Takuda.

Terima Kasih Kepada yang saya hormati dan banggakan.

Bismillahirohmannirohim
Assallamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

1. Bapak Ismet Abdullah sebagai Kepala Otorita Batam pada bulan Juni tahun 1999 telah menghibahkan lahan untuk Brimob Polda Riau, sekarang Satbrimob Polda Kepri.
2. Bapak Hari kepala staf tata kota Batam, Otorita Batam 1999, yang mendapat tugas dari Kepala Otarita Batam mendampingi Brimob untuk Penunjukan lahan lokasi Satbrimob Polda Kepri saat ini.
3. Komandan Satuan Brimob Polda Kepulauan Riau Kombes Polisi M Rendra Salipu SIK.
4. Para Dansatbrimob Polda Kepri pada masanya yang telah menjaga merawat Kesatrian Jacobus Taboki Takuda.

Setelah sekian lama sejak 1998 hingga 1999 pernah tugas mengabdi berbhakti bekerja sebagai Prajurit Satbrimob Polda Riau, untuk Brimob, untuk Polri, untuk Indonesia 🇮🇩.
Semangat Reformasi Polri sejak 1998, menghantarkan Polri menetapkan tiga Program Penguatan : Bidang Kultural, Struktural dan Instrumental. Seluruh Kepada Satuan Kerja wajib menjabarkan dengan tindakan nyata di Kesatuannya masing-masing dengan program kegiatan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Penguatan Struktural, pengembangan Polda mengikuti dan menyertai Pemerintah Daerah maka Polda Riau sejak 2002 dibagi menjadi Polda Riau dan Polda Kepri.
Kewajiban menjabarkan kebijakan tersebut maka Satuan Brimobda induk di Pekanbaru melakukan reorganisasi menjadi Satbrimob Polda Riau dan Satbrimob Polda Kepri. Satun Brimob Polda Riau pada tahun 1999 sudah melangkah lebih awal sebelum Polda Kepri dikukuhkan tahun 2002, Markas Komando Brimob ( rencana awal untuk Markas Kompi Satbrimob Polda Riau ) sudah ada dan sudah dibangun bertahap sejak 1999, sekarang menjadi Markas Komando Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kepri ( jawab sebelum ditanya dan lakukan sebelum diminta ).
Alhamdulillah setelah 25 tahun yang lalu Kamis 15 Desember 2022 dapat sambang Silaturahmi ke Satbrimob Polda Kepri. Terima Kasih atas Kepemimpinan Dansat Brimob Polda KBP M Rendra Salipu, Wadansatbrimob Polda Kepri AKBP Nurman, Danyon A Pelopor Satbrimob Kepri Kompol Darmin dan seluruh staf dan jajaran. Saya dapat Silaturahmi serta ijin untuk melihat Markas Komando Satbrimob Polda Kepri yang diberi nama Kesatrian Jacobus Taboki Takuda

Tentang JTT.
Nama Kesatrian A.I.P (Ajun Inspektur Polisi) II Jacobus Taboki Takuda sekarang berdiri kokoh di gerbang Mako Sat Brimob Polda Kepri.

Diabadikannya nama Jacobus Taboki Takuda di gerbang Mako Satbrimob Polda Kepri merupakan ide Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol M. Rendra Salipu dan PJU Brimob Polda Kepri.

“Nama Jacobus Taboki Takuda kita bangun disini agar dikenal masyarakat, karena mungkin banyak yang tak mengenali sosok pejuang kita ini,” ujar M. Rendra Salipu.

Kombes Pol M. Rendra Salipu juga menjelaskan, nama Jacobus Taboki Takuda ini telah disetujui langsung oleh Korps Brimob Polri.
“Kami dari Satbrimob Polda Kepri mengusulkan ke Dankor Brimob Polri nama Pahlawan Brimob dan nama Jacobus Taboki Takuda yang disetujui,” ungkapnya.

Dansat Brimob Polda Kepri menjelaskan sejarah AIP II Jacobus Taboki Takuda adalah putra Toraja, dan besar di Luwu Utara Sulawesi Selatan.

“Jacobus Taboki Takuda merupakan Danton Pelopor Korps Brimob Polri yang gugur di medan tugas Konfrontasi dengan Inggris di Malaya dilepas oleh Jenderal TNI Ahmad Yani dari gugusan Kepulauan Batam,” pungkasnya.
MATAKEPRI.COM
3 Februari 2022.

GaSaXindonesia bukan Komunitas kami Berteman Bermain Bersama.
Perjalanan kali ini sambang dan silaturahmi dengan prajurit Brimob di Markas Komando Satuan Brimob Polda Kepulauan Riau. Perjalanan ini sekaligus melengkapi perjalanan untuk Indonesia. Dari 34 Propinsi di Indonesia, Propinsi Kepulauan Riau adalah Propinsi ke 33 yang dikunjungi sejak Januari 2018, insha allah satu lagi Propinsi Maluku rencana tahun 2023.
Perjalanan ini mengusung Semangat SAYA INDONESIA 🇮🇩

Turut mendampingi GaSaXIndonesia perjalanan SAYA INDONESIA 🇮🇩

1. Rider Achmad Romi Reborn MC
2. Rider Bagus Endyk Reborn MC
3. Rider Ariansyah Reborn MC
4. Rider Andry MBI Batam
5. Rider Arif MBI Bandung

Terima Kasih yang tak terhingga Kepada Para Pejabat Utama Satuan Brimob Polda Kepri

1. Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol M Rendra Salipu SiK
2. Wadansat Brimob Polda Kepri AKBP Nurman
3. Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kepri Kompol Darmin
4. Kasi Ops Satbrimob Polda Kepri Kompol Sirait
5. Kasi SDM Satbrimob Polda Kepri AKP Made Dwi Sutha
6. AKP Aidil
7. AKP Sugiono
8. AKP Suyatno
9. AKP Hermansyah
10. IPTU Untung Hudoyo

Jiwa Raga Kami
Untuk Brimob, Untuk Polri, Untuk Indonesia 🇮🇩

Alumni AKABRI Bagian Kepolisian 1984, Komandan Satuan Brimob Polda Riau, pada masanya :

1. Irjen Polisi Purnawirawan M Rum Murkal 1996 – 1998
2. Komjen Polisi Purnawirawan Arif Wachjunadi 1998 – 2000
3. Irjen Polisi Purnawirawan Bambang Waskito 2000 – 2002
4. Brigjen Polisi Purnawirawan Edi Kustoro 2002 -2003

Batam Kepulauan Riau
Sabtu tanggal 17 Desember 2022.

TOP