UNTUK KORPS BRIMOB POLRI

by / Saturday, 22 October 2022 / Published in berita

UNTUK KORPS BRIMOB POLRI

Selamat Pagi Indonesia🇮🇩
Salam Kebangsaan
Salam Brigade

Untuk Korps Brimob Polri, atas nama Negara Korps Brimob Polri Hadir untuk Indonesia.

Tahun ini Korps Brimob Polri akan merayakan ulang tahun yang ke 77 pada tanggal 14 November 2022. Diusianya yang ke 77 tahun diharapkan Korps Brimob Polri akan semakin Profesional Bermoral Modern dalam menjalankan Tugas Pokok Fungsi & Peranan terutama dalam setiap mengambil tindakan Kepolisian. Untuk itu bersiaplah dan siapkan untuk menghadapi beberapa agenda penting kedepan, termasuk melaksanakan analisa dan evaluasi atas peristiwa yang menjadi perhatian masyarakat dan atensi pimpinan. Selain itu ada hal penting bahwa road map kebijakan strategi Polri yang telah dibangun pastikan masih berjalan sustainable.

Agenda penting yang akan dihadapi oleh Korps Brimob Polri salah satunya adalah melaksanakan pengamanan tahapan Pemilu serentak Tahun 2024.
Sejak Pemilu digelar tahun 1955 di Indonesia, baru pada tahun 2024 inilah untuk pertama kalinya Pemilu serentak dilaksanakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Wakil Rakyat DPR RI, DPRD Propinsi & DPR D Kabupaten, Kota serta memilih Kepala Daerah, Gubernur, Bupati, Walikota di seluruh Indonesia. Oleh karena itu merupakan suatu kewajiban bagi seluruh Warga Negara Indonesia turut serta berperan aktif mengamankan Pemilu 2024. Selain itu hak Politik Warga Negara Indonesia dapat dipilih menjadi wakil Rakyat, dan sabagai Pemilih wajib untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu Serentak 2024.

Polri atas nama Negara hadir, Korps Brimob Polri hadir mulai tahap mengawali, menyertai dan mengakhiri tahapan Pemilu 2024.
Untuk itu PKBB atau Paguyuban Keluarga Besar Brimob menyampaikan empat poin penting sebagai bahan masukan. Hal ini dilakukan dan dibuat sebagai bentuk kebanggaan & kecintaan kami kepada institusi Polri, Kesatuan Korps Brimob yang pernah manjadi rumah dan tempat mengabdi berjuang untuk masyarakat bangsa Negara Indonesia, bukan untuk Kepentingan Perorangan, Kelompok atau Golongan tertentu. Tapi untuk satu semangat Korps Brimob Polri hadir untuk Negara dan untuk Indonesia.

1. Agenda pengamanan Pemilu serentak 2024 Korps Brimob Polri akan memberikan bantuan taktis operasional kepada Kesatuan wikayah untuk mengamankan tahapan Pemilu Serentak 2024.
Untuk diketahui bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 tercantum pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sejak 14 Juni 2022 dan akan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2024 atau selama 28 bulan atau 840 hari, ini waktu yang panjang.

2. Belajar dari peristiwa Kanjuruhan sebagai salah satu catatan situasi keamanan Dalam Negeri menjelang Pemilu serentak tahun 2024. Peristiwa ini sangat mengagetkan, menyedihkan, memilukan kita semua terutama Keluarga Korban yang kehilangan anggota Keluarganya. Kami empati dan turut bela sungkawa yang mendalam semoga almarhum almarhumah diterima dan mendapat tempat yang terbaik disisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Kita semua berharap tidak akan terulang kembali peristiwa Kanjuruhan Kabupaten Malang Jawa Timur.

3. Amanat Dokumen Grand Strategi Polri 2005 – 2025 targetnya Polri Profesional Bermoral Modern adalah program berkelanjutan yang secara konsisten terus dilanjutkan. Untuk itu masih berlaku sehingga dapat dipedomani dilaksanakan dan disinergikan dengan implementasi program kegiatan Presisi. Sebagaimana juga merujuk direktif Presiden Republik Indonesia pada hari Jumat 14 Oktober 2022 di Istana Negara Jakarta, Presiden Republik Indonesia mengamanatkan dalam arahannya untuk Program Presisi disederhanakan agar dapat dipamahi oleh seluruh anggota dari pangkat tertinggi hingga pangkat paling rendah.

4. Amanat Kebijakan Strategi Polri yang berikut adalah Rencana Kontijensi Aman Nusa I, II dan III. Dokumen tersebut merupakan kesiapan dan antisipasi Polri dalam menghadapi situasi kontijensi, melalui kegiatan rutin Kepolisian mengelola Potensi Gangguan, Ambang Gangguan dan Gangguan Nyata. Didalam dokumen tersebut tidak lagi menyampaikan diperkirakan, dimungkinkan, kemungkinan besar atau tidak menutup kemungkinan. Karena berdasarkan analisa dan evaluasi tahunan peristiwa tersebut yang telah diamanatkan didalam dokumen Aman Nusa akan berulang dan terulang terjadi diwaktu dan tempat yang berbeda.

Rekomendasi dari empat poin penting tersebut adalah :

1. Agenda Operasi Mantap Brata 2024 , tentang pengamanan Pemilu serentak 2024. Korps Brimob Polri bersiaplah dan siapkan rencana fungsi Korps Brimob Polri. Ada masa atau tahapan yang menjadi prioritas pengamanan OMB 2024 yaitu :
a. Kampenye akan berlangsung pada 13 November 2023 hingga 10 Februari 2024 atau selama 75 hari.
b. Pemungutan suara tetap pada 14 Februari 2024.
c. Penghitungan suara
d. Pelantikan anggota DPR RI
e. Pada tanggal 20 Oktober 2024 Pelantikan Presiden & wakil Presiden.
f. Pelantikan Anggota DPR D Propinsi, DPR D Kabupaten / Kota
g. Pelantikan Gubernur & Wakil Gubernur, Bupati & Wakil Bupati, Walikota & Wakil Walikota

2. Pada peristiwa Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang Jawa Timur dapat dilaksanakan analisa dan evaluasi. Harapannya Korps Brimob Polri dapat memperoleh beberapa poin penting belajar dari peristiwa tersebut guna dijadikan pedoman dalam bentuk dokumen. Sehingga setiap anggota mengetahui mengerti dan memahami pedoman tersebut sabagai acuan dalam mengambil tindakan Kepolisian yang dapat dipertanggung jawabkan secara tehnis operasional kesatuan.

3. Grand Strategi Polri 2005 – 2025 masih valid dan berjalan sebagai road map satu satunya dokumen Polri yang menjadi acuan arah kebijakan Polri. Selain itu sabagai komitmen Polri atas semangat Reformasi Polri Profesional Bermoral Modern konsisten dilaksanakan sabagai pedoman utama untuk disinergikan dengan program presisi yang labih sederhana dan dapat dilaksanakan oleh seluruh tingkat kepangkatan anggota Polri.

4. Kebijakan Strategi Polri yang diamanatkan didalam Dokumen Aman Nusa I tentang Konflik Sosial, Aman Nusa II tentang Bencana Alam dan Aman Nusa III tentang Teroris perlu di jabarkan. Penjabarannya berdasarkan karakteristik dan kerawanan daerah di wilayah masing masing. Jika hal ini dilaksanakan dengan sungguh sungguh dan penuh rasa tanggung jawab maka tidak ada istilah Polri kecolongan, karena Polri selalu siaga telah mengantisipasi adanya Gangguan Nyata tahunan Bencana Alam, Konflik Sosial dan Teroris. Korps Brimob Polri dalam hal ini selalu konsisten melaksanakan Apel Kesiap Siagaan yaitu pengecekan terhadap Sikap, Tampang, Perlengkapan, Pakaian dan Persenjataan untuk menghadapi situasi Kontijensi tersebut.

Selamat Hari Ulang Tahun ke 77 Korps Brimob Polri
Selamat Bertambah satu tahun usiamu, bahagialah kamu yang kuberi bukan jam dan cincin, Bukan seikat bunga, atau puisi, juga kalung hati.

Tapi buah pikiran ini semoga berkenan dan bermanfaat.

Jakarta, Minggu 23 Oktober 2022

TOP