JENDERAL TNI TRY SUTRISNO

by / Monday, 29 August 2022 / Published in berita

SILATURAHMI KEBANGSAAN

Selamat Pagi Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ
Salam Kebangsaan

Hari ini, Senin tanggal 29 Agustus 2022, pukul 15.17 WIB sampai dengan pukul 16.08 WIB, bertempat di Jalan Purwokerto Jakarta Pusat, kediaman Pribadi Wakil Presiden Republik Indonesia ke 6 yang juga Panglima ABRI tahun 1988 Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno, saya diterima beliau dengan sambutan yang hangat. Setelah 4 tahun yang lalu pertemuan dengan Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno yakni tanggal 20 Agustus 2018, pada acara HUT Paguyuban Keluarga Besar Brimob (PKBB) di Surabaya. Saat itu Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno hadir di acara HUT PKBB tahun 2018 berksempatan memberikan kata sambutan dan semangat Perjuangan Polri di tempat terhormat yang menjadi kebanggaan Polri, yakni Monumen Perjuangan Polri di Surabaya. Sejarah mencatat, di tempat inilah 4 hari setelah kemerdekaan RI dikimandangkan, tepatnya tanggal 21 Agustus 1945, berlangsung Proklamasi Polisi Republik Indonesia. Pada acara HUT PKBB tersebut, Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno juga menerima penghargaan sebagai warga Kehormatan Korps Brimob Polri yang disematkan langsung oleh Komandan Korps Brimob Polri Irjen Polisi Rudy Sufahriadi didampingi oleh Ketua Umum PP Polri Komjen Polisi Purnawirawan Imam Sudjarwo. Penghargaan ini diberikan atas perhatiannya pada Polri dan jasanya meresmikan dan menanda tangani Monumen Perjuangan Polri pada tanggal 2 Oktober 1988, dimana saat itu Jenderal TNI Try Sutrisno merupakan Panglima ABRI. Perhatian tersebut merupakan kebanggaan bagi Polri sekaligus sebagai pengakuan adanya Perjuangan Polri.

Alhamdulillah dipertemuan kembali sore itu dan hampir satu jam obrolan topiknya tidak lain adalah diskusi seputar soal Jejak Perjalanan Perjuangan Polri. Pada Buku Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara Republik Indonesia cetak pertama tahun 2016 Jenderal Try Sutrisno merupakan salah satu narasumber penting. Sore itu Jenderal Try nampak sehat dan saat memberikan penjelasan soal Perjuangan Polri dengan lantang, semangat dan jelas.
Jenderal Try Sutrisno menyampaikan dengan tegas bahwa Polri itu Pejuang. Pesan penting Sang Jenderal adalah jaga nama baik Polri jangan terpengaruh oleh kepentingan perorangan, kelompok atau golongan tertentu.
โ€œRawat dan jaga jiwa dan semangat kebangsaan Indonesia, jiwa dan semangat yang ada di tubuh Polri sebagai pejuang agar Polri menjadi kebanggaan Negara dan Bangsa Indonesia,โ€ kata Pak Try. Pesan lainnya adalah jadilah Polri yang kuat dan punya jati diri yang tidak goyah oleh arus negatif dari gelombang globalasi, laksanakan tugas sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai amanah Rakyat Indonesia. Soliditas Polri agar dirawat dan dijaga, pedomani Tribrata sebagai pedoman hidup Polri dan Catur Prasetya sebagai pedoman kerja Polri.
Terima Kasih Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno yang sudah berkenan menerima saya. Perjumpaan berkesan yang diawali dengan jabat tangan erat dengan penuh kehangatan sebagai Bapak Bangsa, Panutan Bangsa. Dalam kesemoatan itu, dengan hormat permohonan saya kepada Jenderal Try Sutrisno untuk dapat memberikan kata sambutan pada Buku Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara Republik Indonesia Jejak Perjalanan Perjuangan Polri cetak ke dua 2022, dikabulkan. Mohon doa restunya, karya ini kupersembahkan untuk Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ untuk Polri kebangganku akan kujaga hingga akhir hayatku.

Pesan Jenderal TNI Purnawirawan Try Sutrisno.
Jadilah dirimu
Jaga dirimu
Jaga Keluargamu
Jabatan itu sementara karena akan minggat ( hilang )
Pangkat itu sementara karena akan lungo ( pergi )
Jaga namamu dengan baik karena akan dikenang selamanya oleh Keluarga dan akan menjadi kebanggaan Keluarga selamanya

Jakarta Senin 29 Agustus 2022.

TOP