GOGASSS MISC

by / Monday, 15 November 2021 / Published in berita

GOGASSS MISC

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Selamat Pagi Lombok

Mandalika International Street Circuit (MISC), lokasinya ada di kawasan wisata pantai seger di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Jaraknya dari Mataram Ibu Kota Propinsi NTB sekitar 50 Kilometer dan dari Bandara International Lombok Zainuddin Abdul Madjid adalah 20 Kilometer ke arah selatan. Kenapa diberi nama Mandalika karena lokasi MISC tidak jauh dari pantai seger.

Tentang Mandalika
Masyarakat Suku Sasak di Lombok mengenal tradisi BAUNYALE yaitu memburu cacing-cacing laut aneka warna yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika.
Dalam legenda masyarakat Lombok, diyakini, bahwa sang putri menceburkan diri ke laut pantai seger karena menolak pinangan banyak pangeran.
BAUNYALE dilaksanakam pada tanggal 19-20 bulan ke sepuluh menurut penanggalan Suku Sasak atau tepat 5 hari setelah bulan purnama. Umumnya BAUNYALE digelar antara bulan Februari dan Maret. Ribuan orang akan turun di Pantai Seger, Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Pantai Seger adalah pantai berkarang dengan laut yang dangkal. Pantai Seger sendiri masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, kunjungilah saat waktunya agenda festival BAUNYALE, agar bisa mengenal lebih dekat Legenda Putri Mandalika, dalam tradisi BAUNYALE tersebut.

Tentang Mandalika International Street Circuit dibangun sejak 2019 dan diresmikan 12 November 2021.
Sirkuit ini pada awalnya direncanakan memiliki panjang 4,32 km dengan 19 tikungan, namun desain diperpendek menjadi 17 tikungan, tikungan dikurangi karena faktor keamanan, “terlalu banyak tikungan, bisa berisiko kecelakaan. Lalu diganti dengan trek lurus untuk menambah aksi overtaking.” Selain itu, desain sirkuit juga dinilai “lebih menguntungkan salah satu pabrikan”.
Saat peresmian, sirkuit ini memiliki panjang 4,31 km dengan 17 tikungan, dengan kapasitas 50.000 tempat duduk di grandstand dan total mencapai 195.700 orang. Mandalika menggunakan aspal berjenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang lebih kasar dan diharapkan akan memperkuat cengkeraman ban. Kini Mandalika International Street Circuit, sudah mulai digunakan dengan gelaran event balap perdana Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021, yang berlangsung 12-14 November 2021. IATC 2021 di sirkuit Mandalika merupakan balap pembuka sebelum gelaran World Superbike (WSBK) Indonesia 2021 yang merupakan seri pamungkas, pada 19-21 November mendatang. Menariknya, kembalinya WSBK ke Mandalika International Street Circuit tentu merupakan even yang dinantikan, sebab, Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah WSBK pada 1994-1997. Dan di bulan Maret tahun 2022 mendatang, Mandalika International Street Circuit, bersiap untuk sebuah helatan besar MotoGP 2022.
Welcome WSBK 2021 dan MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit, Lombok NTB, Indonesia 🇮🇩. BLACKRIVERINDONESIA🇮🇩 dkk sudah menjajal track MISC pada tanggal 5 Juni 2021, GoGassss.

Garasi BLACKRIVERINDONESIA 🇮🇩 Tidak kemana-mana tapi ada dimana-mana. Untuk Keluarga, Untuk Indonesia, Untuk Komunitas.
Salam
Indonesia United Rider untuk Indonesia 🇮🇩

Jakarta 15 November 2021

TOP