TIGA CEPU

by / Thursday, 15 July 2021 / Published in berita

TIGA CEPU

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Salam Indonesia Sehat

Kata cepu adalah kode phonetic alphabet untuk kode panggilan komunikasi Polri. Untuk SIM cepu atau SIM C yang digolongan menjadi Tiga Cepu ; SIM C SIM C1 SIM C2. Berharap implementasinya bijak sebijak bijaknya untuk tujuan memberikan Perlindungan, Pengayoman & Pelayanan juga untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan & Kesejahteraan.

Untuk
Kepala Korps Lalu Lintas Polri
Inspektur Jenderal Polisi Drs Istiono MH

Apresiasi Selamat & Sukses untuk Korps Lalulintas Polri yang telah melahirkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia nomor 5 Tahun 2021. korlantas.polri.go.id

Sebagai anak motor di sampaikan dengan hormat.
Berawal dari teman teman anak motor yang tergabung di Komunitas Motor Gede bertanya kemudian minta penjelasan. Saya jawab tidak ada kapasitas untuk menjelaskan karena kewenangan itu ada pada Korps Lalulintas Polri. Tapi saya bisa berpendapat & merekomendasikan untuk implemantasinya.

Perihal
Perpol nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penandaan dan Penerbitan Surat Ijin Mengemudi ada lima BAB ; I Ketentuan Umum, II Penerbitan SIM, III Penandaan SIM, IV Pengendalian dan Pengawasan, V Ketentuan Penutun, yang terdiri dari 47 Pasal.

Tegas
TMT atau Terhitung Mulai Tanggal 19 Februari 2021 Perpol ini telah diundangkan dan dicatat dalam dokumen lembaran negara artinya sudah syah secara hukum berlaku dan wajib bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mengetahuinya serta harus patuh & taat pada peraturan tersebut. Namun demikian masih ada ruang dan masa Sosialisasi yang wajib juga dijalankan oleh Korps Lalulintas agar masyarakat paham sepaham pahamnya. Selain itu diwajibkan juga untuk dijelaskan sejelas jelasnya karena setelah Perpol tersebut disyahkan berlaku, ada keterangan didalam BAB V Ketentuan Penutup bahwa Perpol nomor 9 tahun 2012 ( Berita Negara Republik Indonesia nomor 279 Tahun 2021 ) dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Apakah ini juga secara otomatis dan serta merta berlaku untuk SIM lainnya atau khusus bagi pemegang SIM C harus segera mengganti, karena dibuat berdasarkan ketentuan Perpol produk lama.

Dari beberapa pertanyaan dan kabar yang diberitakan oleh media on line yang saya simak, baca dan mencoba untuk memahami.
Bebarapa Pertanyaan muncul sebagai berikut :

Ada penjelasan bahwa mulai bulan Agustus 2021 akan diberlakukan Perpol tersebut.
Pertanyaannya apakah ini yang dimaksud hanya berlaku bagi pemegang SIM C lama atau pemohon SIM C baru. Untuk pemegang SIM C lama yang memiliki motor 500 cc apa harus segera mulai membuat & memiki SIM C1 TMT Agustus 2021.
Untuk pemegang SIM C lama dan memiliki motor diatas 500 cc apakah bisa langsung mendapat SIM C2 atau harus menunggu 1 tahun.

Oleh karena itu saya berpendapat untuk memenuhi azas Keamanan, Keselamatan dan Kesejahteraan juga rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, menyarankan dan merekomendasikan :
1. Bagi pemegang SIM C yang memiliki motor tidak lebih dari 250 cc masih bisa diberi toleranasi dapat menggunakan SIM C sampai dengan masa berlakunya berakhir habis sebagaimana yang tercantum dalam dokumen SIM C.
2. Bagi pemegang SIM C yang memiliki motor sampai dengan 500 cc masih bisa diberi toleransi dapat menggunakan SIM C nya sampai dengan masa berlakunya berakhir habis. Setelah itu wajib meningkatkan ke SIM C1
3. Bagi pemegang SIM C yang memiliki motor diatas 500 cc masih bisa diberi toleransi dapat menggunakan SIM C nya sampai dengan masa berlakunya berakhir habis. Setelah itu wajib meningkatkan SIM nya atau bisa langsung ke SIM C2 tidak harus menunggu 1 Tahun.

Sebagai anak motor mendukung penuh diberlakukannya Perpol ini karena yakin seyakin yakinnya dapat memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada anak motor. Selain itu untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, dan Kesejahteraan bagi setiap pengguna ruang lalu lintas jalan.

Korps Lalulintas Polri adalah Panutan anak motor.
Jadilah Teladan Berlalulintas Disiplin Tertib Patuh Taat diruang lalu lintas jalan.

Korps Lalulintas Polri
CEPAT BERANI TEGAS
Selamat Berjuang untuk Indonesia 🇮🇩

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Salam Indonesia Sehat

Garasi BLACKRIVERINDONESIA 🇮🇩

Bandung 15 Juli 2021

Reborn MC

Barrelbrotherhood Bali

Motor Besar Indonesia 🇮🇩

Rider Tawao Malaysia 🇲🇾

GSrek Indonesia 🇮🇩

Jokeride Bali

GSrek West Java Chapter

Rainbow Tim Africa

Broser 4×4 Indonesia 🇮🇩

GSrek Jakarta Chapter Indonesia 🇮🇩

Ride to Africa 2019 Rainbow Tim

TOP