BERJUANG UNTUK 21 AGUSTUS

by / Wednesday, 09 June 2021 / Published in berita

Berjuang Menuju 21 Agustus

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩

Ada lima Tanggal Sakral yang dimiliki oleh Polri :
1. April 1944, dimasa pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang membentuk Pasukan Tokubetsu Keisatsutai atau Polisi Istimewa adalah sebagai cikal bakal atau embrio Polri.
2. 19 Agustus 1945. BKN atau Badan Kepolisian Negara telah dibicarakan menjadi agenda PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
3. 21 Agustus 1945. Deklarasi atau Proklamasi Polisi Republik Indonesia tokohnya Komjen Polisi M Jasin. Atas peran Perjuangannya mendapat Anugerah Pahlawan Nasional yang diberikan oleh Presiden RI Ir Joko Widodo pada tanggal 10 November 2015 di Istana Negara Jakarta, diterima oleh putri sulungnya Ibu Rubiyanti.
4. 29 September 1945 Presiden RI pertama Ir Soekarno melantik KKN atau Kapolri Pertama Jenderal Polisi R S Soekanto. Hingga pada  tanggal 10 November 2020 atas jasanya mendapat anugerah Pahlawan Nasional dari Negara yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.
5. 1 Juli diperingati setiap Tahun hingga saat ini oleh Polri sebagai Hari Bhayangkara

Berjuang menuju Tanggal 21 Agustus sebagai salah satu tanggal yang nantinya akan diperingati oleh Polri setiap Tahun, selain 1 Juli setiap tahun yang selalu diperingati sebagai Hari Bhayangkara

Perjalanan Berjuang Menuju 21 Agustus

Pertama Dalam Buku PHHN Polri atau Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara Republik Indonesia yang ditulis oleh arifwachjunadi terbit pada tahun 2016. Rekomendasi dalam buku PHHN POLRI tersebut bahwa 21 Agustus adalah Hari Kepolisian Nasional ada delapan alasan, 1 sampai dengan 8 alasan ditambah 1 alasan. Menjadi alasan ke sembilan.

9. 29 September 1945 Pelantikan KKN atau Kepala Kepolisian Negara atau saat ini disebut Kapolri Pertama Jenderal Polisi R S Soekanto. Pernyataannya yang spektakuker pada masa revolusi, sebagai KKN memerintahkan kepada  seluruh jajaran bahwa Polri adalah Combatan.

Kedua Saresehan 18 November 2018 tentang 21 Agustus.
Penggagas Ketum PKBB Komjen Polisi Imam Soedjarwo & didukung oleh Ketum PP Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri. Saresehan dihadiri oleh para Kapolri pada masanya dan para Pati Purnawirawan Polri dan juga beberapa perwakilan angkatan & Paguyuban Polri juga para Warakawuri. Kesimpulan Saresehan Merekomendasikan bahwa 21 Agustus menjadi Hari Bhakti Polri atau Hari Juang Polri. Menjadi alasan ke sepuluh.

10. 21 Agustus Hari Bhakti Polri atau Hari Juang Polri

Ketiga Tanggal 25 Maret 2021 Peresmian Patung Perjuangan Polri Komjen Polisi M Jasin di AKPOL Semarang Penggagas Jenderal Polisi Bimantoro representasi dari AKABRI Bagian Kepolisian Angkatan Pertama Tahun 1970. Diresmikan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.
Berdirinya  Patung Perjuangan Polri menjadi alasan ke sebelas

11. Patung Komjen Polisi M Jasin
Sebagai lambang bahwa ada momentum Perjuangan Polri diabadikan di Monumen Perjuangan Polri di AKPOL Semarang

Keempat tanggal 14 April 2021 Testimoni Jenderal Polisi Bimantoro mendukung 21 Agustus supaya dijadikan Hari Juang Polri. Menjadi alasan ke dua belas.

12. Hari Juang Polri

Kelima tanggal 10 Juni 2021 di PP Polri Jakarta Selatan pada agenda rapat umum yang dihadiri oleh Waketum PP Polri Komjen Polisi Makbul Padmanegara, Pejabat Utama PP Polri juga melalui jaringan zoom meeting hadir dijalur virtual para Purnawirawan Polri, para Ketua PD Polri. Ketum PP Polri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri sebagai pimpinan rapat umum an seluruh Purnawirawan Polri menyampaikan Testimoni sebagai kesimpulan Bahwa 21 Agustus adalah Hari Juang Polri. Menjadi alasan ke tiga belas.

13. 21 Agustus Hari Juang Polri

14. Keputusan Kapolri

Sejak buku disusun pada tahun 2013 dan terbit pada tahun 2016 hingga saat ini tahun 2021 atau hampir delapan tahun ada 34 agenda dalam bentuk kegiatan seminar, Saresehan, pertemuan, pendapat, saran, masukan & koreksi. Dari perjalanan Berjuang Menuju 21 Agustus ada 13 alasan.
Terima Kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah turut serta memberikan doa & semangat Berjuang Menuju 21 Agustus

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Berani Tangguh Dasyat

Jakarta Kamis 10 Juni 2021

arifwachjunadi

Cetak Pertama 2016

Cetak kedua 2021

TOP