TANGGAL SAKRAL POLRI

by / Sunday, 18 April 2021 / Published in berita

TANGGAL SAKRAL POLRI

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Selamat Pagi Polri

Dalam Buku yang berjudul Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara Republik Indonesia atau PHHN Polri yang terbit tahun 2016, setelah selama 3 tahun atau sejak 2014 telah dilakukan penelusuran JP3 atau Jejak Perjalan Perjuangan Polri diberbagai tempat baik di luar negeri dan beberapa tempat diseluruh Indonesia . Dalam lima tahun terakhir ini sejak terbit 2016 banyak tanggapan saran dan masukan dari berbagai kalangan tentang Tanggal Sakral Polri yang telah diulas dalam buku tersebut. Oleh karena itu diucapkan Terima Kasih, rasa bangga dan penghargaan yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah turut serta memberikan perhatian untuk melengkapi catatan buku PHHN Polri. Bahwa Jejak Perjalanan Perjuangan Polri telah terdokumentasi berdasarkan fakta fakta Sejarah Perjuangan Polri yang nantinya dengan harapan akan menjadi hari Bersejarah bagi Polri. Ada beberapa Tanggal Sakral Polri yang memiliki nilai sejarah bagi Polri adalah sebagai berikut. :

1. April 1944. Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, membentuk satuan tempur yang diberi nama Tokubetsu. Keisatsutai berubah nama menjadi Polisi Istimewa selanjutnya Mobrig atau Mobile Brigade & saat ini sampai sekarang bernama Brimob atau Brigade Mobil.
2. 19 Agustus 1945, atau dua hari setelah Bangsa Indonesia memproklamasikan Hari Kemerdekaan Indonesia selanjutnya PPKI membentuk badan badan kelengkapan suatu negara yang merdeka termasuk membentuk BKN atau Badan Kepolisian Negara. Menjadi HARI KEPOLISIAN NASIONAL
3. 21 Agustus 1945, atau empat hari setelah Proklamasi Indonesia dikumandangkan oleh Soekarno Hata atas nama Bangsa Indonesia. Komjen M Jasin juga memproklamasikan bahwa Polisi Istimewa adalah Polisi Republik Indonesia. M. Jasin telah dianugerahi Pahlawan Nasional Polri pada tanggal 5 November 2015. Menjadi HARI JUANG POLRI
4. 29 September 1945 Kapolri atau saat itu namanya KKN atau Kepala Kepolisian Negara pertama Jenderal Polisi R S Soekanto dilantik oleh Presiden Pertama Soekarno. Jenderal Polisi R S Soekanto telah dianugerahi Pahlawan Nasional Polri pada tanggal 10 November 2020.
5. 1 Juli 1946, adalah HARI BHAYANGKARA

Untuk itu Rekomendasi Tanggal Sakral Polri yang layak diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Tanggal 19 Agustus sebagai HARI KEPOLISIAN NASIONAL
2. Tanggal 21 Agustus sebagai HARI JUANG POLRI
3. Tanggal 1 Juli adalah HARI BHAYANGKARA yang telah diperingati selama ini setiap Tahunnya tetap dilaksanakan.

Selamat Pagi Indonesia 🇮🇩
Selamat Pagi Polri

Jakarta 18 April 2021

 

TOP