911 MENUJU HARI BHAKTI POLRI

by / Wednesday, 31 March 2021 / Published in berita

911 MENUJU HARI BHAKTI POLRI

Selamat Pagi Indonesia🇮🇩
Selamat Pagi Polri
Salam PRESISI

911 Munuju Hari Bhakti Polri 21 Agustus. Ada 9 alasan yang tertuang dalam buku berjudul ; Pearl Harbor Hiroshima Nagasaki Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang terbit pada tahun 2015. Kemudian ditambah lagi dengan 1 alasan setelah digelar Saresehan Hari Bhakti Polri di PP Polri Tahun 2018. Diperkuat lagi dengan 1 alasan berikutnya setelah peresmian Monumen Perjuangan M. Jasin di AKPOL Semarang Tahun 2021.
Salut dan bangga dibawah Kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dengan Program PRESISI, sesungguhnya program tersebut adalah sebagai bentuk komitmen Polri untuk menjalankan tugas Harkamtibmas, Pelindung & Pelayan serta Penegakan Hukum. Hal tersebut merupakan tugas Polri yang bersifat operasional atau Pengerahan Penggunaan Kekuatan Polri, atau Negara harus selalu hadir ditengah tengah Masyarakat. Selain itu ada tugas Polri yang bersifat Pembinaan Kesatuan atau Pengerahan Pembinaan Kekuatan.
Pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021 Kapolri berada di Akademi Kepolisian Semarang untuk sebuah kegiatan penting bagi Sejarah Perjuangan Polri, hal ini merupakan bagian dari Pengerahan Pembinaan Kekuatan. Kehadiran Kapolri untuk menanda tangani Prasasti Monumen Perjuangan M. Jasin sebagai Pahlawan Nasional. Saat ini, resmi sudah Monumen Perjuangan M. Jasin berdiri megah dan gagah yang di Prakarsai oleh Kapolri ke 16 Jenderal Polisi Soeroyo Bimantoro sebagai representasi dari Alumni AKABRI Bagian Kepolsian angkatan pertama Tahun 1970. Sebuah pengakuan yang luar biasa & perhatian yang tak terhingga nilainya terhadap Sejarah Perjuangan Tokoh Polri sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden RI pertama Ir Soekarno Jasmerah, jangan sekali kali melupakan sejarah.

Ada 11 alasan ( 9 alasan yang telah diungkap pada tahun 2015, lalu ditambah 1 alasan pada tahun 2018 serta dilengkapi dengan 1 alasan lagi di tahun 2021) mengapa 21 Agustus tepat menjadi momentum penting bagi Polri dan layak menjadi Hari Bhakti Polri.

11 alasan tersebut adalah:
1. Keterangan dari saksi hidup mantan Prajurit empat generasi Ajun Komisaris Polisi atau AKP Moekari, semasa hidupnya mengabdi sebagai Prajurit Tokobetsu Keisatsutai, Polisi Istimewa, Mobile Brigade & Brimob. Sampai akhir hayatnya tinggal dirumah dinas sederhana di Kesatrian Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jatim.
2. Berdirinya Monumen Perjuangan Polri di Surabaya, tempat Deklarasi Polisi Republik Indonesia, Deklarator M Jasin bersama Prajurit Tokubetsu Keisatsutai pada tanggal 21 Agustus 1945.
3. Pelantikan KKN atau Kepala Kepolisian Negara RI atau Kapolri Pertama Jenderal Polisi RS Soekanto oleh Presiden RI ke 1 Ir Soekarno pada tanggal 29 September 1945 atau 39 hari setelah Deklarasi Polisi Republik Indonesia. Jenderal Polisi RS Soekanto telah dianugerahi Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Jokowi pada tanggal 10 November 2020.
4. Pengakuan & Semangat Perjuangan yang disampaikan oleh Jenderal Besar Soedirman dengan surat pribadinya kepada M Jasin di Medan Pertempuran disampaikan pada tanggal 4 Agustus 1947
5. Penamaan Jalan M. Jasin bersebelahan dengan Monumen Perjuangan Polri di Surabaya.
6. Tempat Pendidikan Tokubetsu Keisatsutai yang sekarang menjadi Gedung Broederschool Sekolah Khatolik Saint Louis tidak jauh dari Jalan M Jasin di Surabaya.
7. Gedung Wismilak saat ini, sebelumnya pernah menjadi Kantor Polres Surabaya Selatan & jauh sebelumnya adalah Kantor Tokubetsu Keisatsutai tidak jauh dari Monumen Perjuangan Polri di Surabaya.
8. Penganugerahan Pahlawan Nasional kepada M. Jasin oleh Presiden RI Jokowi pada tanggal 10 November 2015, kerena atas jasanya sebagai Deklarator Polisi Republik Indonesia & Pelaku 10 November yang saat ini menjadi Hari Pahlawan.
9. Kesaksian Jenderal TNI Tri Sutrisno Wakil Presiden RI ke 6 & juga Panglima ABRI. Bahwa Perjuangan Polri, bersama TNI & Rakyat di Surabaya pada 10 November ada peran M Jasin sebagai Komandan Polisi Istimewa. Monumen Perjuangan Polri diresmikan dan ditanda tangani di Surabaya oleh Panglima ABRI Jenderal TNI Tri Sutrisno pada tanggal 2 Oktober 1988.
10. Saresehan Hari Bhakti Polri 2018. Prakarsa Ketua Umum PKBB Komjen Polisi Imam Soedjarwo yang di dukungan oleh Ketua Umum PP Polri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri. Bahwa 21 Agustus adalah Hari Bhakti Polri.
11. Peresmian dan Penanda Tanganan Monumen Perjuangan M. Jasin yang terletak di Akedemi Kepolisian Semarang oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, pada hari Kamis tanggal 25 Maret 2021.

Selamat Menjelang
Hari Bhakti Polri ke 76 Tahun
21 Agustus 1945 – 21 Agustus 2021.

Selamat Pagi Indonesia🇮🇩
Selamat Pagi Polri
Salam PRESISI

Bandung, 31 Maret 2021

Jenderal Try Sutrisno, Warga Kehormatan Korps Brimob, Surabaya 21 Agustus 2019

AKP Moekari Prajurit 4 Generasi, Surabaya 21 Agustus 2019.

Bersama Rubiyanti Jasin Kebaya Hijau Putri Sulung M Jasin pada acara penganugerahan Pahlawan Nasional M Jasin oleh Presiden Jokowi di Istana Negara 5 November 2015

Jakarta 4 Juni 2015, Jenderal Try Soetrisno Narasumber Hari Bhakti Polri.

Kapolri ke 20 Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri mendukung agenda Saresehan Hari Bhakti Polri, PP Polri 18 November 2018

Kapolri Jenderal Polisi Awaloedin Djamin, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2018

Peserta Saresehan Hari Bhakti Polri, PP Polri 18 November 2018

Doktor Anhar Gonggong Pembicara Pada Saresehan Hari Bhakti Polri , PP Polri 18 November 2018

Peserta Saresehan Hari Bhakti Polri, PP Polri 18 November 2018

Kapolri Jenderal Polisi Rusmanhadi, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2014

Kapolri Jenderal Polisi Soeroyo Bimantoro, Narasumber Hari Bhakti Polri Jakarta 2015

Kapolri Jenderal Polisi Dai Bachtiar, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2015

Jenderal Polisi Chaeruddin Ismail, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2014

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo, Narasumber Hari Bhakti Polri didampingi Komjen Polisi Agung Budiarto, Jakarta 2015

Jenderal Polisi Budi Gunawan, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2015

Komjen Polisi Imam Soedjarwo Ketum PKBB, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2015.

Irjen Polisi S Y Wenas Dewan Penasehat PKBB, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2015

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Narasumber Hari Bhakti Polri, Jakarta 2016

Kapolri Jenderal Polisi Soeroyo Bimantoro, juga sebagai Penggagas Monumen Perjuangan Pahlawan Nasional Komjen M Jasin di AKPOL Semarang

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Narasumber Hari Bhakti Polri. Jakarta 2016

Putri Sulung M Jasin, Rubiyanti Jasin bediri kanan Hadir di acara Peresmian Monumen Bhakti Perjuangan M Jasin di AKPOL Semarang 25 Maret 2021.

Rubiyanti Jasin tengah & disebelah kirinya nomor 3 dari kanan Hadir Ketum PKBB Komjen Pol Imam Soedjarwo

 

TOP