INDONESIA – RUSSIA

by / Sunday, 30 September 2018 / Published in berita

Ketika ada kesempatan ke Russia, jadwalkan berkunjung ke kota Saint Pettersburg, dengan kereta cepat Sapsan lebih baik karena bisa melihat suasana sepanjang jalan yang berbeda. Dari stasiun Mosscow Leninggradski Vokzal menuju kota Saint Pettersburg akan ditempuh 5 jam dengan jarak 714 kilometer dan akan berhenti di stasiun Moskovskii Vokzal.

Ketika mengunjungi kota Saint Pettersburg mendapat cerita sebagai berikut, pada tahun 1956 Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno melakukan kunjungan kenegaraan untuk yang pertama kalinya ke Negara Russia. Salah satu kota yang dikunjungi saat itu masih bernama Leningrad, sekarang Saint Pettersburg, arah utara dari kota Mosscow. Saat melintas dengan kendaraan di Kota Saint Pettersburg, Soekarno sempat memperhatikan, melihat lalu tertarik pada sebuah bangunan. Soekarno kekeh ingin melihat bangunan tersebut dari dekat, sementara tidak ada jadwal kunjungan ke tempat tersebut.

Soekarno yakin bangunan tersebut adalah sebuah mesjid namun dialihfungsikan sebagai gudang. Termasuk masjid tersebut yang sempat di jadikan gudang senjata.
Singkat cerita saat melihat bangunan ini dari jauh, Soekarno yakin kalau bangunan ini adalah sebuah masjid. Makanya ia minta dirinya beserta rombongan untuk berkunjung ke masjid ini. Soekarno mengubah jadwal yang sudah disusun selama di Kota Saint Pettersburg namun kabarnya tak diizinkan. Akhirnya soekarno beserta rombongan tetap bersikeras untuk mengunjungi masjid tersebut saat waktu sudah petang. Saat itu Soekarno sempat minta kepada gubernur Piter agar masjid dibuka kembali. Namun tak diizinkan. Setelah kembali ke Moscow dan bertemu Presiden Soviet, Nikita Kurchev yang bertanya kepadanya tentang kesannya mengenai Lengingrad; Soekarno malah membahas mengenai masjid tersebut. Dan minta untuk dibuka kembali. Beberapa waktu setelah kepulangan Soekarno, ternyata masjid tersebut akhirnya dibuka kembali. Oleh karena itu masjid ini biasanya dijuluki oleh masyarakat tua Soviet dan masyarakat Indonesia yg berada di Soviet pada masa itu dengan sebutan “Mesjid Biru Soekarno”. Dari sini bisa dilihat bagaimana luar biasanya pengaruh Presiden Soekarno.

INDONESIA HEBAT & LUAR BIASA

Disneyland Tokyo. 4.30 pm
Tanggal 30 September 2018

TOP