PEACE PLUS 3 S

by / Tuesday, 25 September 2018 / Published in berita

Selamat Pagi Indonesia

Deklarasi Pemilu Damai tanggal 23 September 2018 sudah dilaksanakan di Monumen Nasional Jakarta. Pada acara tersebut dihadiri calon presiden & wakil presiden nomor 01 pasangan Joko Widodo & Ma’ruf Amin juga pasangan nomor 02 Prabowo Subianto & Sandiaga Salahuddin Uno.
Selain dihadiri calon presiden & wakil presiden, juga hadir para petinggi partai politik yang mengusung dan mendukung kedua pasangan tersebut beserta tim sukses masing masing. Tidak ketinggalan juga para simpatisan dan khalayak ramai turut serta memeriahkan acara tersebut.
Acara tersebut juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia tentunya dengan cara yang berbeda-beda tapi tujuannya satu yaitu Pemilu Damai. Deklarasi Pemilu Damai yang diselenggarakan pada hari minggu tanggal 23 September 2018, bersamaan dengan waktu dimulainya Kampanye Calon Presiden & Wakil Presiden RI dan akan berkhir pada sabtu tanggal 13 April 2019.

Komisi Pemilihan Umum memilih Deklarasi itu dengan cara yang humanis menggambarkan Bhineka Tunggal Ika. Semua yang hadir mengenakan pakaian bernuasa nusantara. Hal ini tentu pas dengan tema yang diusung KPU, walaupun beda partai, beda pakain namun untuk satu tujuan Pemilu Damai.

Tapi ingat damai atau Peace (P) saja tidak cukup, melainkan harus juga memenuhi unsur 3 S (Security, Safety dan Surety). 3 S tersebut adalah :
1. Meniadakan segala bentuk gangguan dan keamanan atau Security.
2. Menjaga keselamatan jiwa raga dan hak asasi manusia, Safety.
3. Menjamin kepastian berdasarkan hukum, Surety.
4. Memelihar perasaan tentram dan damai atau Peace.

PEACE PLUS 3 S bisa menjadi rumusan pemilu Indonesia damai, aman, dengan jaminan keamanan oleh semua pihak. Berawal dari semua orang mendambakan dan ingin memiliki rasa aman. Oleh karena itu, pertama ciptakan rasa aman mulai dari, mengamankan diri sendiri, hiduplah tertib dan disiplin karena kita hidup diruang publik, kedua mengamankan keluarga masing-masing dan ketiga mengamankan lingkungan dimana kita tinggal. Terakhir keempat mengamankan yang lebih besar adalah tanggung jawab kita bersama untuk Indonesia aman. Jika rasa aman yang kita dambakan bersama bisa diwujudkan, maka akan tercipta keamanan, dengan demikian keamanan itu harus kita jamin bersama karena keamanan milik kita bersama. Keamanan bukan milik siapa siapa termasuk Polri saja, yang memang mempunyai tugas pokok fungsi dan peranan menjaga keamanan sebagaimana yang telah diamanatkan didalamm konstitusi. Tapi keamanan itu milik kita bersama agar kita mendapatkan rasa damai yang kita cita citakan bersama, terutam menjelang Pemilu damai tahun 2019.

P Plus 3 S bisa menjadi rumusan untuk pemilu yang sukses, karena 2019 Tahunnya Indonesia Memilih

Semoga dapat terwujud Pemilu Indonesia P Plus 3 S

Desa Kohod Tangerang Utara

24 September 2018

TOP