21 AGUSTUS HARI KEPOLISIAN NASIONAL

by / Wednesday, 22 August 2018 / Published in berita

Monumen Perjuangan Polri adalah saksi sejarah yang tak terbantahkan lagi, karena tokohnya sudah mendapatkan keputusan final dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan diterbitkannya Keputusan Presiden nomor 116/TK/2015, tanggal 4 November 2015 menganugerahi Gelar Pahlawan Nasional Kepada Komisaris Jenderal Polisi Mochamad Jasin. Karena atas jasanya pada suatu peristiwa Heroik mengganti Bendera Hinomaru Jepang di Kantor Tokubetsu Keisatsutai dengan Bendera Indonesia Merah Putih & berubah nama menjadi Kantor Polisi Istimewa, kantor tersebut sekarang manjadi Gedung Wismilak. Tidak jauh dari Kantor Wismilak tersebut berdiri dengan kokoh Monumen Perjuangan Polri, dari tempat tersebut Pasukan Polisi Istimewa berjuang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Surabaya bersama sama Laskar Rakyat.
Gelar Pahlawan Nasional tersebut diterima oleh Putri sulung Mochamad Jasin, Rubiyanti pada tanggal 5 November 2015 pada suatu Upacara Kenegaraan dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusup Kala & Para Mentri Kabinet Kerja serta Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di Instana Negara Jakarta.

Bersama 200 Anggota Pasukan Polisi Istimewa saat itu 73 Tahun yang lalu, Inspektur Polisi Tingkat Satu Mochamad Jasin adalah Komandan Pasukan Polisi Istimewa sekarang Korps Brimob Polri, satu satunya ex Pasukan Polisi Istimewa saksi hidup yang masih ada saat ini Kapten Polisi Moekari ( usia 93 Tahun ) tinggal di Kesatrian Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Jawa Timur, Jalan Gresik Nomor 39, RT 3 Blok D, Surabaya.

Kesaksian Jenderal Try Sutrisno ( pada saat beliau berusia remaja ) melihat secara langsung salah satu anggota Polisi Istimewa bernama Paiman. Pada saat itu Paiman menggunakan seragam Polisi Istimewa yang sedang berpatroli menggunakan motor dinas di Surabaya. Kesaksian tersebut disampaikan beberapa kali oleh Jenderal Try Sutrisno & pernyataan terakhir disampaikan lagi secara langsung saat memberikan sambutan pada rangkaian acara Reuni Akbar & Syukuran HUT Ke 2 Paguyuban Keluarga Besar Brimob di Monumem Perjuangan Polri Jalan Raya Darmo di Surabaya Hari Senin Tanggal 20 Agustus 2018.

Pasukan Polisi Istimewa pada tanggal 21 Agustus 1945 pada suatu kegiatan apel di Monumen Perjuangan Polri yang dipimpin oleh Inspektur Polisi Tingkat Satu Mochamad Jasin memproklamasikan Polisi Republik Indonesia yang diucapkan langsung oleh Inspektur Polisi Tingkat Satu Mochamad Jasin :

PROKLAMASI
Oentoek bersatoe dengan Rakjat dalam perdjoengan mempertahankan Proklamasi 17 Agoestoes 1945 dengan ini menjatakan Poelisi Istimewa sebagai Poelisi Repoeblik Indonesia.

Soerabaya 21 Agoestoes 1945
atas nama seloeroeh warga Poelisi

Mochamad Jasin
Inspektur Poelisi KL Satoe

 

 

 

TOP